Bahan Ajar Merencana Grafis Komersial Berbasis Proyek

Bahan Ajar Merencana Grafis Komersial Berbasis Proyek

04/10/2022
Lecturer: menul.teguh_riyanti

Bahan Ajar Merencana Grafis Komersial Berbasis Proyek

 
Mata Kuliah Merencana Grafis Komersial sesuai dengan tuntutan 
persyaratan pendidikan serta kebutuhan pembangunan dapat dilakukan
dengan pemanfaatan teknologi pendidikan untuk mengembangkan sistem
pembelajaran yang inovatif. Inovasi dalam proses pembelajaran mata
kuliah Merencana Grafis Komersial diwujudkan melalui model pembelajaran
berbasis proyek. Proses pembelajaran Berbasis Proyek, dilakukan melalui
proyek yang diberikan kepada pemelajar sebelum pembelajaran dimulai.
Proyek-proyek yang diberikan atau disajikan adalah masalah yang memiliki
konteks dengan dunia nyata. Semakin dekat dengan dunia nyata, akan
semakin baik pengaruhnya pada kecakapan pemelajar. Pembelajaran
berbasis proyek membutuhkan suatu pendekatan pengajaran komprehensif
di mana lingkungan belajar mahasiswa didesain agar mahasiswa dapat
melakukan penyelidikan terhadap masalah-masalah autentik termasuk
pendalaman materi dari suatu topik mata kuliah tersebut.
 
Melalui pendekatan ini, mahasiswa bekerja secara mandiri dalam 
mengkonstruksikan materi pembelajaran dalam produk nyata. Dalam
mengoptimalisasi pembelajaran mata kuliah Merencana Grafis Komersial,
keterlibatan mahasiswa ditekankan dalam rangka mengkonstruksi
pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa supaya dapat
memecahkan masalah sehingga paradigm pembelajaran akan bergeser dan
berpusat pada mahasiswa (student-centered).
 
Pembelajaran berbasis proyek yang dijadikan sebagai pusat 
proyeknya adalah inti kurikulum. Melalui proyek ini mahasiswa akan
mengalami dan mempelajari konsep-konsep. Pembelajaran berbasis proyek
berfokus pada pertanyaan atau masalah yang mendorong menjalani konsepkonsep
dan prinsip-prinsip.
 
Proyek ini dapat dibangun di sekitar unit tematik atau gabungan dua 
atau lebih topik-topik. Proyek juga melibatkan mahasiswa dalam investigasi
konstruktif. Investigasi ini dapat berupa desain, pengambilan keputusan,
penemuan masalah, pemecahan masalah, penemuan atau proses
perancangan konsep desain grafis.
Proses pembelajaran dapat disebut proyek yang memenuhi kriteria
pembelajaran berbasis proyek. Aktivitas tersebut harus meliputi transformasi
dan kontruksi pengetahuan pada pihak mahasiswa. Proyek mendorong 
mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar sampai pada tingkat yang 
signifikan.